Jogging yang Benar untuk Membakar Lemak


Bagaimana jogging yang benar untuk membakar lemak ? Jogging adalah latihan yang sangat baik untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Dalam jogging terdapat latihan aerobik, yang bisa meningkatkan detak jantung Anda untuk periode waktu yang lama.

Jogging meningkatkan laju pernapasan Anda sehingga Anda mengambil lebih banyak oksigen yang dikirimkan ke aliran darah dan akhirnya ke otot-otot Anda. Namun, tidak semua jogging memberikan tingkat tantangan yang sama dan memberikan manfaat yang sama. Jenis-jenis latihan joging tertentu bisa memaksimalkan pembakaran lemak.

Kecepatan jogging
Kecepatan jogging akan memengaruhi berapa banyak kalori yang Anda bakar. Sebagai contoh, orang dewasa dengan berat 155 pound yang jogging dalam jarak 12 menit dengan kecepatan lambat, akan membakar 596 kalori dalam satu jam.

Jogging selama 10 menit akan membakar 744 kalori dalam satu jam, dan dalam waktu 9 menit bisa membakar 818 kalori. Meningkatkan kecepatan untuk berlari sejauh 7 menit, maka Anda bisa membakar 1.078 kalori. Jika Anda berolahraga di level ini setiap hari, Anda bisa kehilangan 2 pon. lemak per minggu, mengingat Anda perlu membakar 3.500 kalori untuk menghilangkan satu pon.

Mendaki bukit
Salah satu cara terbaik untuk membakar lebih banyak lemak tanpa meningkatkan kecepatan joging  adalah melakukan jogging lebih intens. Jika Anda berlari di atas treadmill, sesuaikan pengaturan kecepatannya sehingga Anda seolah berlari pada tanjakan yang menanjak.

Jika Anda berlari di luar ruangan, pilih jalur berbukit atau jalur landai bertahap. Anda akan menaikkan level jantung Anda lebih tinggi saat mendaki bukit, yang membuat Anda membakar lemak lebih cepat.

Mendaki bukit yang curam akan membentuk massa otot di tubuh bagian bawah. Anda membakar lebih banyak kalori untuk mendukung otot yang lebih padat ini, meningkatkan metabolisme istirahat Anda.

Jogging yang Benar untuk Membakar Lemak

Plyometrik
Pelatihan lompat atau plyometrics adalah teknik untuk pelari dan pelari mahir yang ingin mengembangkan daya ledak. Jadi cara ini bukan untuk semua orang, jadi pastikan Anda dalam kesehatan fisik yang sangat baik dan ada di bawah bimbingan seorang pelatih.

Mulailah melakukan lompatan dari permukaan tanah. Hindari melakukan plyometrics pada permukaan beton atau benda keras lainnya. Sebaliknya, berolahragalah di atas rumput atau di atas tikar atau di atas lantai kayu.

Gerakan jongkok lompat akan melibatkan gerakan dari jongkok yang dalam menuju lompat tinggi, mendarat dengan kedua kaki dan berjongkok lagi. Gerakan lainnya termasuk melompati kerucut dan melompat ke tempat yang lebih tinggi.

Interval kecepatan
Melakukan latihan joging yang sama setiap hari akan membuat tubuh Anda efisien. Anda membakar lebih sedikit kalori saat Anda menjadi lebih bugar. Jadikan latihan jogging Anda lebih menantang dan maksimalkan pembakaran lemak Anda dengan memasukkan sprint cepat ke dalam pelatihan Anda.

Lakukan pemanasan rutin Anda hingga 10 menit. Mulai jogging dengan langkah cepat. Setelah lima menit, sprint selama 30 detik hingga satu menit. Perlambat langkah Anda selama 30 detik untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Siap kembali untuk jogging cepat dan siapkan sprint lain dalam empat hingga lima menit.

Demikianlah salah satu cara jogging yang benar untuk membakar lemak beserta durasi waktu jogging yang baik untuk menurunkan berat badan.

Sumber :
https://www.livestrong.com/article/472058-the-best-jogging-exercise-for-fat-loss/

Back To Top