Usaha Online yang Menguntungkan


Inilah beberapa usaha online yang menguntungkan yang bisa Anda coba salah satunya.
- toko online
- publisher iklan
- afiliasi
- jual produk digital
- kursus online
- jasa desain
- jual foto
- penulis konten
- copywriter
- penerjemas
- mentor
- pengembang software
- buat aplikasi
- jasa SEO
- mengelola medsos
- jual domain
- Youtuber
- sewa kamar
- jual produk berlangganan
- dropshipper
- les online
- membuat web

Penjelasannya begini :

Membuat Toko Online
Siapa yang belum pernah mendengar tentang toko online? Bisnis yang satu ini sedang berkembang dan sering digunakan sebagai sumber penghasilan sampingan untuk freelancer. Selain tidak membutuhkan banyak modal, Anda juga bisa melakukannya kapan saja, sehingga sangat fleksibel bagi Anda yang sibuk.

Intinya, upaya ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja asalkan ada internet. Anda kemudian dapat menggunakan platform Shopify, Web Praktis, Line, atau platform obrolan langsung lainnya, Instagram, WordPress dan lainnya sebagai sarana penjualan

Selain beberapa platform ini, kini Anda dapat dengan mudah menjual di pasar online seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, eBay dan lainnya. Selain itu kita bisa menggunakan media sosial untuk berjualan.

Beberapa media sosial yang paling sering digunakan untuk usaha online adalah Facebook, Instagram
Twitter dan lainnya.

Setelah memiliki tempat bisnis, langkah selanjutnya adalah menentukan produk atau layanan yang dijual. Anda tidak harus selalu memproduksinya sendiri, karena sekarang ada banyak alternatif dalam mendapatkan barang dagangan, misalnya dengan cara mencari pemasok barang jadi atau menjadi mitra dari toko online lain.

Menjadi Penayang Iklan 
Tahukah Anda bahwa ada bisnis online baru yang telah digandrungi anak muda belakangan ini? Jawabannya adalah menulis blog. Banyak dari mereka menyalurkan minat mereka dengan menjadi blogger, karena selain jam kerja yang fleksibel, bisnis ini juga menghasilkan keuntungan yang signifikan!

Anda tentu bertanya-tanya dari mana keuntungan itu ? Mereka mendapatkan uang dari iklan. Deskripsi cara kerjanya adalah membuat situs web, menampilkan kode iklan dan setelah iklan muncul secara otomatis, jika pengunjung mengklik iklan, maka blogger akan mendapatkan komisi.

Tetapi yang agak sulit di sini adalah bagaimana cara menarik calon pembaca atau pelanggan yang akan dengan setia membuka blog Anda. Namun ada cara yang sebenarnya sederhana, yakni Anda hanya perlu membuat konten berkualitas dengan konsisten sesuai dengan minat pembaca serta mempromosikan halaman agar diketahui dan dikunjungi oleh banyak orang.

Afiliasi Pemasaran 
Afiliasi pemasaran adalah metode pemasaran, di mana deskripsi cara kerjanya adalah dengan cara mempromosikan produk afiliasi di halaman blog. Pembaca setia halaman Anda akan melihat promosi sampai mereka tertarik untuk membeli suatu produk. Setiap kali penjualan terjadi, maka Anda akan mendapat komisi.

Umumnya komisi penjualan produk akan lebih besar daripada komisi klik pada iklan bagi blogger, artinya, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan pemasaran afiliasi ini. Namun selain berbagai manfaatnya, tentu ada juga kelemahannya, yaitu di Indonesia daya beli masyarakat masih relatif kecil. Sehingga akan jauh lebih baik jika Anda bisa membuat blog dalam bahasa Inggris yang lebih universal.

Menjual Produk Informasi
Beberapa contoh produk informasi yang biasa ditemukan adalah ebook, video, atau audio. Di sini Anda menjual informasi yang unik dan menarik pada komunitas tertentu, sehingga orang bersedia mengeluarkan uang untuk informasi ini, dengan ketentuan informasi yang diberikan lebih mendalam daripada informasi umum yang tersedia gratis di internet.

Membuka Kursus Online
Bagi Anda yang suka mengajar, Anda dapat melanjutkan hobi ini sambil menghasilkan uang! Anda dapat membuka kursus atau les hanya dengan menggunakan internet. Sistemnya sama dengan kursus pada umumnya, perbedaannya di sini adalah materi yang disampaikan direkam sehingga dapat diakses melalui internet.

Kedengarannya mirip dengan produk informasi kan? Sebenarnya mirip, tetapi ada satu perbedaan, informasi yang diberikan di sini tidak secara langsung disampaikan dalam 1 sesi. Biasanya informasi akan dibagi menjadi beberapa sesi, misalnya seminggu sekali.

Layanan Desain Grafis
Tahukah Anda bahwa penghasilan seorang desain grafis profesional sangat besar? Beberapa bahkan menghasilkan 1 miliar rupiah per tahun. Jika Anda memiliki bakat di bidang desain grafis, Anda juga dapat mulai dari platform Sribu, 99 desain, Fiverr dan lainnya.

Anda bisa belajar perlahan sambil menghasilkan uang. Kemudian kumpulkan dan terus membangun portofolio Anda untuk menjadi desain grafis profesional. Jika Anda tidak memiliki bakat desain grafis, Anda bisa menjadi orang yang menjual template yang sudah jadi. Misalnya, templat presentasi, logo, dan sebagainya.

Menjual Foto
Jika Anda suka mengambil foto dan foto-foto Anda hanya menumpuk di hard disk Anda, sekarang saatnya bagi Anda untuk menghasilkan uang dari hobi ini. Anda dapat membeli lisensi foto bebas-royalti, yang merupakan foto yang dapat digunakan secara bebas begitu Anda membelinya.

Sekarang ada banyak situs di mana Anda dapat menjual foto Anda dengan harga yang wajar, misalnya Shutterstock dan iStockPhoto. Tetapi pastikan kualitas fotonya bagus dan jelas, karena orang tidak akan mau membayar untuk foto berkualitas rendah.

Menjadi Penulis Konten Lepas
Tidak semua orang dapat membuat konten berkualitas. Ketika dunia blog meledak dan populer, biasanya penulis artikel lepas (content writer) juga bisa mendapat untung, karena mereka mungkin kewalahan dan butuh bantuan penulis artikel lepas di blog mereka.

Ada dua jenis penulis konten yakni penulis level yang mendapatkan upah berdasarkan jumlah kata yang mereka tulis tanpa memperhatikan kualitas dan penulis tingkat atas yaitu mereka yang dibayar mahal berdasarkan kualitas mereka di situs berita besar atau portal.

Menjadi Copywriter
Apa itu copywriter? Sederhananya, copywriter adalah penulis yang mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan melalui tulisan. Dengan kata lain, mereka adalah salesman yang mempromosikan sesuatu melalui tulisan.

Pekerjaan dasar copywriter meliputi:
- menulis teks pada iklan.
- menulis teks pada halaman arahan atau halaman penjualan.
- menulis semua teks yang bertujuan untuk memengaruhi orang lain.

Biasanya tulisan yang dihasilkan harus berkualitas tinggi dan mampu mempengaruhi orang lain dengan arti merayu atau menggoda. Dengan demikian jelas bahwa keterampilan menulis yang tinggi diperlukan di sini. Oleh karena itu biasanya penghasilan copywriter akan jauh lebih besar daripada penulis konten.

Usaha Online yang Menguntungkan

Menjadi Penerjemah
Apakah Anda fasih berbahasa asing? Isi waktu luang Anda dengan menyediakan layanan penerjemah. Meskipun saat bekerja, Anda dapat mengerjakan bisnis sampingan ini di waktu luang Anda.

Dengan demikian, kemampuan bahasa Anda juga bisa menjadi usaha online yang menguntungkan. Jika tertarik, Anda dapat menjual layanan penerjemah pada platform Fiverr, Sribulancer dan OneHourTranslation.

Menjadi Asisten Virtual
Asisten virtual memiliki cakupan yang sangat luas, tetapi pada dasarnya itu adalah asisten yang melayani satu orang berulang kali. Penghasilannya bervariasi, tetapi biasanya dibayar per jam dan tergantung pada spesialisasinya.

Beberapa jenis pekerjaan asisten virtual meliputi penulis, desain grafis, penelitian, editing, copywriting, manajemen media sosial, penerjemahan, pemrograman, input data, dll.

Menyediakan Layanan Pengembangan Web dan Perangkat Lunak
Menjadi pengembang web dan perangkat lunak profesional juga dapat menghasilkan uang. Anda bisa mulai dengan menjadi freelancer di platform UpWork atau Projects.co.id. Anda juga dapat membuat perangkat lunak Anda sendiri dan menjualnya sebagai produk. Model bisnis ini disebut SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan) dan saat ini berkembang sangat pesat.

Membuat Aplikasi
Apakah Anda suka bermain game di smartphone? Atau apakah Anda kesulitan menemukan aplikasi edit untuk foto selfie Anda? Nah, mengapa tidak menjadikan peluang ini bisnis online Anda? Caranya adalah membuat aplikasi seluler berbasis SaaS atau membuat game. Anda tidak perlu kemampuan tinggi tapi Anda bisa mulai dengan membuat game sederhana.

Caranya adalah melakukan reskinning, yaitu dengan membeli template atau kode sumber dari suatu aplikasi kemudian mengubah teks dan desain. Beberapa pasar yang membeli dan menjual kode sumber untuk aplikasi seluler adalah Chupamobile dan Code Canyon.

Menjual Layanan SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah layanan yang dicari hari ini. SEO sendiri adalah sistem yang akan membantu mengoptimalkan lalu lintas pencarian di mesin pencari seperti Google. Umumnya pebisnis online tidak punya waktu untuk mempelajari teknik SEO ini, jadi carilah layanan SEO online untuk membantu mereka.

Menyediakan Layanan Mengelola dan Pemasaran di Media Sosial
Jika Anda melihat Instagram, tentu saja ada banyak toko online yang terus membuat posting berisi barang dagangan dan promosi untuk menarik pelanggan. Ini biasanya dilakukan oleh pemilik toko online.

Namun, berbeda jika toko online besar dan tingkat penjualan tinggi, biasanya akan ada beberapa bagian dibagi dengan tanggung jawab masing-masing. Misalnya, admin mengelola dan memasarkan produk melalui media sosial.

Anda juga dapat menggandakan manajemen pemasaran dengan iklan digital. Caranya adalah menyiapkan teks iklan, gambar, dan atau video. Selain itu, Anda juga harus melakukan berbagai pengujian dan pemrosesan data untuk menghasilkan iklan yang efektif.

Menjadi Pengumpul Nama Domain
Domain seperti lokasi bisnis dalam bisnis offline. Domain sangat berpengaruh pada bisnis, karena semakin baik lokasi, semakin baik bisnis akan berjalan. Nah, nama domain yang bagus bisa dihargai mulai dari US $ 500 hingga US $ 100.000 bahkan lebih dari itu.

Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan menjadi pengumpul nama domain karena banyak yang bersaing untuk mendapatkan nama domain strategis.

Menjadi YouTuber
Banyak yang mencoba untuk menjadi YouTuber karena mereka tergoda oleh pendapatan mereka. Tercatat bahwa Anda bisa menghasilkan US $ 395 atau sekitar Rp. 5 juta hanya dengan memproduksi video yang dilihat di YouTube 23.000 kali.

Pewdiepie, YouTuber yang sukses dengan pelanggan terbanyak bahkan mendapatkan penghasilan US $ 4 juta, setara dengan Rp50 miliar lebih dalam setahun. Penghasilan ini juga didukung oleh iklan terbaru di YouTube dengan 2 jenis yaitu iklan yang memberi komisi setiap klik dan iklan yang memberikan komisi setiap kali iklan ditampilkan

Sebagai YouTuber, Anda akan mendapat komisi sebesar 55% dari keuntungan iklan, di mana sisanya akan menjadi keuntungan YouTube.

Menyewa Kamar di AirBnB
AirBnB adalah platform sewa untuk menyewa kamar atau akomodasi untuk pelancong. Keuntungannya adalah di sini harga yang ditawarkan terjangkau, sehingga bisa juga diarahkan untuk backpacker.

Nah, jika Anda memiliki kamar kosong di rumah yang jarang digunakan, mengapa tidak menyewakannya saja? Ruangan akan lebih hidup saat ditempati, plus Anda mendapatkan penghasilan yang layak. Ide bisnis yang menarik bukan?

Menjual Produk dengan Sistem Berlangganan
Pernahkah Anda mendengar tentang Birchbox? Birchbox menjual produk dengan sistem berlangganan, di mana mereka akan secara otomatis mengirim produk yang berbeda dalam kategori tertentu.

Misalnya, produk kecantikan umum, perawatan kulit, parfum, dan sebagainya yang dicari wanita setiap bulan. Model bisnis ini relatif baru tetapi segera menarik perhatian banyak pelanggan, sehingga sekarang ada banyak platform lain yang meniru model bisnis Birchbox.

Menjadi Dropshiper
Jika Anda ingin menjual produk tetapi tidak memiliki modal besar, dropship adalah jawabannya, karena bisnis online ini bisa Anda jalankan tanpa modal yang harus dikeluarkan. Anda tidak perlu membeli produk untuk menjualnya.

Anda cukup mempromosikan barang-barang tertentu kepada calon pembeli. Sistem dropship memungkinkan Anda untuk menjual produk secara online atau Anda dapat menawarkan produk-produk ini langsung kepada pembeli.

Keuntungan dari bisnis dropship online adalah tidak memerlukan inventaris, tidak banyak modal dan juga Anda tidak akan terganggu dengan pengiriman barang. Namun, dropship juga memiliki kelemahan seperti kualitas barang yang tidak dapat dikendalikan dan manfaatnya sedikit dibandingkan dengan menjual produk mereka sendiri.

Jika ada pesanan dari pembeli, Anda akan memberikan informasi kepada pemilik barang. Kemudian pemilik produk akan mengirim ke pembeli setelah menyelesaikan pembayaran. Walaupun bisnis online dilakukan dengan dropship tanpa modal, Anda harus dapat memilih produk yang tepat dan dicari oleh konsumen.

Untuk mendukung keberhasilan dropship Anda, Anda juga harus belajar membuat blog sederhana sebagai tempat menjual produk dropship. Anda juga bisa mulai dengan berpromosi di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Les online
Les online adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Jenis bisnis ini telah berkembang pesat sejak 2007 karena perkembangan teknologi internet. Saat ini telah terdapat berbagai layanan bisnis online yang menyediakan fasilitas komunikasi dua arah. Dengan menggunakan ruang obrolan, instruktur akan terhubung untuk mengajarkan materi.

Bahkan siswa dapat langsung bertanya tentang pelajaran tersebut. Guru juga dapat memberikan pertanyaan dan penjelasan. Sistem Bimbel online memiliki keuntungan bahwa guru hanya berfokus pada satu siswa.

Ini akan memaksimalkan proses pengajaran meskipun sudah optimal. Selain itu siswa dapat memilih jenis pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Potensi bimbingan online memang layak ditelusuri untuk pasar online di Indonesia.

Masalah terbesar dengan bisnis online ini adalah bahwa hal itu belum populer dan orang masih ragu-ragu dengan cara ini. Karena itu Anda harus mempromosikan konsep pembelajaran online agar maksimal. Anda bisa berpromosi di media sosial, brosur, atau langsung menyajikan konsep ini.

Membuka Layanan Pengembangan Situs Web
Membuat situs web itu tidak mudah bagi mereka yang masih awam dan belum pernah membuatnya. Namun bagi orang yang memiliki kemampuan di dunia situs web, membuat situs web bukanlah masalah.

Jika kita lihat, layanan pembuatan situs web saat ini sangat diminati oleh lembaga pemerintah atau lembaga swasta yang ingin membuat situs web. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam membuat situs web, Anda dapat menggunakan ini sebagai penghasilan tambahan. Bahkan, banyak pengusaha pemula telah membuat toko online mereka melalui layanan pembuatan situs web ini.

Untuk biaya pembuatan situs web layanan ini juga bervariasi karena tergantung pada jenis situs web dan tingkat kesulitan situs web yang dibuat. Biaya pembuatan situs web ini biasanya mulai dari harga 500 ribu hingga 1 juta. Ini adalah peluang yang menggiurkan bagi Anda, jika Anda belum pernah membuat situs web maka Anda bisa belajar terlebih dahulu.

Itulah beberapa usaha online yang menguntungkan. Informasi lainnya yang sering dicari adalah tentang :
- lowongan bisnis online
- bisnis online terbaru
- bisnis online terbaik di dunia
- bisnis online terpercaya
- bisnis online 2019
- usaha online shop terlaris
- cara bisnis online baju
- usaha kecil menguntungkan

Sumber :
https://www.finansialku.com/20-peluang-usaha-online-modal-terbatas/
https://www.pahlevi.net/usaha-online-yang-menguntungkan/
http://good.biz.id/usaha-online-yang-menguntungkan/

Tag : Usaha Online
Back To Top