Pengertian Search Engine Marketing


Di era digital ini persaingan bisnis semakin ketat, setiap perusahaan harus mempersiapkan strategi pemasarannya dengan baik dan tepat. Salah satu strategi pemasaran yang saat ini efektif adalah digital marketing.

Ada banyak sekali kategori digital marketing itu sendiri, namun kali ini kita akan membahas digital marketing yang melibatkan search engine. Salah satu teknik pemasaran yang melibatkan mesin pencari adalah SEM (Search Engine Marketing) beserta penjelasan dan manfaat SEM.

Pengertian Search Engine Marketing

Pengertian Search Engine Marketing (SEM) adalah cara pemasaran melalui internet atau digital marketing dengan mengoptimalkan mesin pencari, seperti Google. Mesin pencari Google memang merupakan mesin nomor 1 di dunia dengan pengguna sekitar 85 persen dibandingkan dengan mesin pencari lain seperti Bing dan Yahoo.

Jenis Model Optimasi Pemasaran Mesin Pencari

Berbeda dengan pemasaran atau periklanan melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram, ada 2 macam model atau cara mengoptimalkan pemasaran mesin pencari, yaitu:

SEO (Optimasi Mesin Pencari)

Pemasaran SEO adalah cara paling halus untuk mempromosikan merek atau produk perusahaan di mana agensi digital akan mengelola situs web yang dibangun agar disukai oleh mesin pencari, misalnya Google. 

Sehingga nantinya ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di search bar, maka website yang dikelola dan dibangun bisa muncul di halaman pertama pencarian, bahkan masuk 10 besar.

Cara untuk dapat mengelola dan mengoptimalkan sebuah website agar disukai oleh mesin pencari membutuhkan keahlian dan teknik khusus, terutama agar tepat sasaran. 

Metodenya juga bisa berbeda di setiap mesin pencari, selain Google sendiri sering terjadi perubahan algoritma dan perkembangan dinamis yang bisa berpengaruh pada hasil pencarian. Ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti memperbanyak konten, membangun link, dan lain sebagainya.

PPC (Bayar Per Klik)

Strategi pemasaran mesin pencari lainnya adalah dengan menggunakan teknik PPC, yaitu metode pemasaran menggunakan mesin pencari Google dengan menempatkan iklan berbayar berdasarkan anggaran harian. 

Kalau di Google lebih dikenal dengan search advertising atau Google AdWords. Cara pemasaran ini dilakukan melalui penawaran pada kata kunci tertentu sehingga iklan berbayar dapat muncul di urutan teratas. 

Iklan ini tidak hanya muncul di 'Google Search Network', tetapi juga di berbagai situs/website yang memungkinkan situs dipasangi iklan Google atau dikenal dengan 'Google Partner Networks'.

Iklan ini akan dibayar setelah pengguna internet mengklik iklan yang ditampilkan di halaman website. Iklan dapat berupa teks atau gambar dan keduanya. 

Disinilah peran digital marketing agency harus benar-benar mengetahui bagaimana cara mendapatkan banyak klik iklan sehingga juga mampu membawa pengguna internet tertarik dengan produk dan merek dari perusahaan yang memasang iklan tersebut.

Ada banyak cara untuk melakukan kedua jenis optimasi pemasaran mesin pencari, mulai dari penggunaan alat-alat tertentu seperti analisis Web, alat Webmaster, penelitian kata kunci dan sebagainya. 

Selain itu, digital agency juga perlu memahami digital marketing terbaik untuk mengoptimalkan search engine marketing agar bisa tepat sasaran seperti yang diinginkan oleh perusahaan sebagai kliennya.

Cara Kerja  Mesin Pencari Pemasaran (SEM)

Sobat bisa melakukan layanan berbayar ini melalui Search Engine seperti Google Ads dan Bing Ads. Berikut cara kerja SEM.

Pertama, Sobat sebagai pengguna harus mendaftar di layanan google ads atau bing ads. Selanjutnya, Sobat juga harus menentukan detail kampanye digital yang diinginkan, seperti jumlah anggaran yang disediakan, kata kunci yang ditargetkan, lokasi yang diinginkan dan sebagainya.

Kedua, pada tahap kedua ini mesin pencari akan melakukan lelang antara pengiklan yang menargetkan kata kunci yang sama.

Ketiga, mesin pencari akan melakukan lelang pemenang di halaman hasil pencarian. Perlu diingat bahwa semakin besar anggaran yang Sobat keluarkan, semakin besar peluang promosi Sobat akan ditampilkan di bagian atas mesin pencari.

Keempat, kemudian setelah iklan berjalan Sobat akan mendapatkan laporan kinerja iklan Anda. Kemudian Sobat harus membayar sesuai dengan jumlah klik yang Sobat dapatkan.

pengertian search engine marketing

 

Fungsi Search Engine Marketing

Sebagai metode pemasaran yang umumnya mengandalkan iklan berbayar, SEM memiliki banyak manfaat dan efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan metode pemasaran non-bayar lainnya. Apa saja manfaatnya? berikut adalah manfaat yang Sobat dapatkan dari SEM.

Meningkatkan Konversi

Secara umum, SEM cenderung digunakan untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, SEM biasanya menargetkan kata kunci yang mengandung niat untuk melakukan pembelian, sehingga trafik yang dihasilkan adalah pengunjung website yang memang memiliki keinginan untuk membeli. Inilah yang pada akhirnya akan meningkatkan konversi Anda.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Tidak hanya meningkatkan konversi, penggunaan SEM juga baik untuk meningkatkan brand awareness Anda. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Google, SEM dapat meningkatkan brand awareness yang lebih tinggi, yaitu hingga 80% dibandingkan dengan menggunakan SEO atau produk lainnya. Bahkan jika Sobat tidak mengklik, iklan Sobat akan tetap muncul di halaman mesin pencari.

Biaya yang Dapat Disesuaikan

Sobat dapat menentukan biaya sesuai dengan kemampuan Anda, tetapi perlu diingat bahwa semakin banyak anggaran yang Sobat keluarkan, semakin besar peluang Sobat untuk mengalahkan pesaing Anda.

Efektif Menjangkau Pelanggan Lokal

Salah satu keunggulan SEM adalah dapat menjangkau audiens yang dekat dengan lokasi bisnis Anda.Selain SEM, toko fisik umumnya menggunakan Google Bisnisku agar tokonya tampil di Google Maps, sehingga lebih mudah ditemukan oleh warga sekitar yang ingin berkunjung.

Gabungkan keduanya (Bisnisku dan SEM) dan bisnis Sobat akan mendapatkan konversi dan kesadaran merek yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Bayar Hanya Jika Sobat Mendapat Klik

Salah satu mekanisme pembayaran SEM yang paling populer adalah skema Cost per Click (CPC). Bisa dibilang Sobat akan membayar jika iklan Sobat diklik, tetapi jika iklan Sobat tidak diklik Sobat tidak perlu membayarnya.

Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Marketing (SEM)

SEM memang sangat efektif untuk promosi digital, namun selain itu SEM juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan SEM.

Keuntungan Menggunakan SEM

Menjangkau Banyak Orang

Dengan memanfaatkan Search Engine sebagai tempat pemasaran Sobat akan menjangkau lebih banyak audiens, bagaimana tidak?. Saat ini hampir semua orang di dunia menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi.

Dapat Menentukan Target Keyword yang Diinginkan

Keuntungan lain dari SEM adalah dapat menentukan kata kunci target sesuai dengan target audiens Anda.

Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web

Tujuan utama SEM adalah membuat peringkat situs web Sobat di mesin pencari terbaik. Oleh karena itu SEM dapat meningkatkan traffic website Anda.

Dapat Mengontrol Anggaran

SEM menerapkan sistem bayar per klik (PPC) di mana Sobat hanya perlu membayar konten yang mendapat klik dari audiens Anda. 

Dengan sistem ini Sobat dapat menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentunya lebih efisien. Sistem ini juga membuat SEM lebih murah dibandingkan digital marketing lainnya.

Efektivitas Diukur dengan Jelas dan Mudah

Salah satu keuntungan dari pemasaran dengan teknologi adalah Sobat akan mendapatkan laporan iklan yang sudah berjalan. Begitu juga dengan SEM, Sobat akan mendapatkan laporan kinerja dari promosi yang sudah berjalan sehingga Sobat juga bisa mengevaluasinya kembali.

Kekurangan Menggunakan SEM

Kompetitif

Mesin pencari memiliki miliaran informasi serta informasi yang sama yang ingin Sobat berikan. Oleh karena itu, bersiaplah untuk bersaing dengan kompetitor lain, semakin besar anggaran, semakin besar peluang Sobat untuk memenangkan kompetisi.

Membutuhkan Lebih Banyak Waktu

Dibutuhkan banyak waktu untuk menentukan kata kunci yang kuat sesuai dengan target yang Sobat inginkan. Selain itu, perangkat dan aplikasi juga sangat mempengaruhi kualitas promosi Anda.

Konten Visualnya Minimal

Salah satu kelemahan pemasaran menggunakan SEM adalah kurangnya konten visual. SEM hanya menampilkan judul situs web di halaman mesin pencari.

Demikian pengertian Search Engine Marketing (SEM). Selain menggunakan Search Engine Marketing, teknik pemasaran lain yang melibatkan mesin pencari adalah SEO. Lalu apa perbedaan antara Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). Nantikan pada artikel berikutnya.


Back To Top