Bisnis dan Peluang Usaha Warung Kopi

Jika kita hobby minum kopi, nggak ada salahnya jika kita membangun sebuah bisnis atau membuka peluang usaha warung kopi. Saya pikir, usaha ini patut dimulai sehingga selain kita selalu mencicipi kopi tiap hari, kita juga punya penghasilan tambahan dari hobby yang kita geluti tersebut.


Bisnis dan Peluang Usaha Warung Kopi


Ada banyak cara atau bentuk peluang yang dilakukan dalam membuka usaha warung kopi, yakni :
  1. Menjadi mitra franchise kedai kopi. Salah satu franchise kedai kopi yang menyediakan program ini adalah produsen dari kopi Kapal Api. Nilai investasi yang harus Anda bayarkan untuk mengikuti program franchise ini sekitar 10 jutaan.
  2. Buka kedai kopi sendiri. Kalau kita punya tempat yang bagus dan keren secara ekonomis, mengapa nggak bikin kedai kopi sendiri. Kita bikin racikan sendiri yang pas menurut kita, bisa juga nyiptakan rasa yang unik yang belum ada atau kreasi-kreasi baru lainnya, misalnya racikan kopi hitam plus kelapa muda atau kopi arabica pakai cangkir tanah dan lain sebagainya.
  3. Warung kopi lesehan sederhana. Kalau kedai kopi mungkin Anda berat di modal, tapi coba buka warung kopi sederhana pada umumnya dengan modal yang kecil.  Nggak usah pakai kopi arabica atau robusta, sebagai modal, beli saja kopi yang sachetan di toko-toko kelontongan. Modal seribu perak, gelas dan air panas, dijual dengan harga 2 sampai 3 ribu, kita sudah dapet untung tuh. Ada 100 orang yang nongkrong tiap hari saja di warkop kita, lumayan dah buat dapur agar bisa ngebul. Yang penting, tempatnya strategis, pelayanannya bagus, orang betah berlama-lama ngopi di situh, udah deh itu kuncinya.
Nah, kita bisa coba dengan usaha yang termudah dan ringan di modal. Selanjutnya, setelah prospeknya bagus, bisa kita tingkatkan atau perluas dengan membuka cabang baru atau usaha varian baru yang sejenis dengan beda kelas konsumen. Selanjutnya, Anda praktekkan dahulu baru nanti Anda akan menemukan cara sendiri selanjutnya.

Tag : Warung Kopi
Back To Top