Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang


Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang ini sepertinya unik. Negara yang pernah menjajah Indonesia selama beberapa tahun ternyata memiliki perbedaan waktu yang tidak terlalu lama, bahkan satu zona waktu di Indonesia memiliki waktu yang sama dengan Jepang.

Selisih waktu yang hampir sama dan nggak terlalu berbeda jauh ini menyatakan bahwa negara Jepang punya lokasi yang agak dekat dengan Indonesia. Saya yakin Anda sudah pada tahu bahwa Nusantara punya tiga zona waktu berbeda dengan perbedaan waktu yang nggak terlalu jauh yakni zona WIB yang memiliki UTC + 7, zona WITA dengan UTC + 8, dan terakhir zona WIT dengan UTC + 9.

Jepang sendiri memiliki standar waktu yang sama untuk semua wilayahnya yang disebut JST atau Japan Standard Time. JST ini membawa sistem UTC + 9 dan tidak didukung oleh waktu hemat dylight yang berarti Jepang tidak mengenali waktu yang berbeda selama musim panas.

Jika negara lain biasanya memiliki waktu musim panas yang lebih panjang di siang hari, maka orang Jepang tidak mengenalnya. Semua musim pada saat yang sama tidak ada yang berubah. Mengingat UTC Jepang adalah UTC + 9 perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang tidak terlalu jauh bukan? Waktu di Jepang sama dengan waktu di Indonesia Timur atau zona waktu WIT yang menggunakan sistem UTC + 9.

Jika diamati, maka waktu Indonesia Barat atau WIB hanya memiliki perbedaan 2 jam dengan Jepang. Ini berarti jika di Jakarta atau zona WIB jam 8 pagi maka di Jepang masih jam 6 pagi. Zona waktu WITA juga hanya selisih satu jam dengan Jepang. Sangat unik bukan, perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang?

Dapat dikatakan bahwa Indonesia dan Jepang tidak memiliki perbedaan waktu yang signifikan. Jika Anda mengunjungi Jepang maka tidak akan mengalami jet leg seperti ketika kita bepergian pada daerah yang banyak memiliki zona waktu yang berbeda. Waktunya yang hampir sama dengan Jepang ini membuat kita lebih bisa beradaptasi jika kita mengunjungi Jepang.

Terlepas dari keunikan perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang, dalam menentukan waktu di Jepang sendiri juga terbilang unik. Awalnya, pemerintah Jepang menggunakan planetarium di kota Akashi untuk menentukan waktu di Jepang.

Di Jepang ada juga sebuah observatorium di prefektur Hyogo, di sinilah letak jam besar yang pada saat itu digunakan sebagai zona waktu Jepang sampai pada akhirnya jam raksasa ini rusak parah dan runtuh yang daikibatkan oleh adanya bencana alam gempa bumi pada tahun 1995. Jam besar ini sebenarnya adalah hadiah dari perusahaan jam terkenal di dunia yaitu Seiko.

Setelah jatuhnya jam besar ini, Jepang menggunakan sistem waktu baru dan jam bersejarah ini dibuat pusaka yang tertata rapi di Planetarium Akashi. Sangat unik jika kita tahu awal dari penentuan zona waktu di Jepang ini.

Jepang dan Indonesia memiliki waktu yang tidak jauh berbeda tetapi sangat berbeda dalam sejarah. Anda tidak perlu menghitung perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang terlalu sulit karena waktu sama dengan WIT atau waktu Indonesia bagian timur yang mencakup wilayah Papua dan sekitarnya.


Sekilas Pandang Tentang Jepang
Jepang adalah contoh sebuah negara dengan tingkat disiplin warga negaranya yang sangat tinggi. Setiap warga negara Jepang akan mengatur jam mereka dengan waktu standar yang berlaku di sana (Waktu Standar Jepang). Waktu standar Jepang didasarkan pada jam atom yang dimiliki oleh Badan Nasional untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Karena budaya kerja seperti itu, maka orang Jepang mampu menyelaraskan secara ekonomi dengan negara-negara maju seperti Amerika dan beberapa negara Eropa. Masyarakat Jepang memiliki etos kerja yang hebat. Etika kerja adalah orang yang memainkan peran penting dalam kebangkitan ekonomi Jepang terutama setelah negara itu ditundukkan pada Perang Dunia II.

Di masa lalu orang Jepang tidak seperti hari ini yakni mereka terbiasa bersantai dan bersenang-senang. Ketika mereka kalah perang dan kondisi kacau termasuk dalam ekonomi. Pengangguran terjadi di mana-mana, ketika orang Jepang tidak punya pilihan selain bekerja keras agar bisa bertahan.

Keadaan tidak nyaman ini secara tidak langsung melatih disiplin dan membentuk etos kerja yang hebat. Etika kerja generasi pendahulunya kemudian diteruskan ke generasi mendatang melalui pendidikan di sekolah. Salah satu budaya pekerja di Jepang adalahmalu jika pulang cepat dari kerja.

Oleh karena hal itu diasumsikan bahwa pekerja tersebut termasuk mereka yang tidak penting dan tidak produktif. Status pekerja di Jepang adalah disiplin kerja dan disiplin waktu di tempat kerja. Kecintaan orang Jepang atas pekerjaan mereka membuatnya fokus walau tanpa pengawas. Para pekerja akan bekerja dengan penuh dedikasi.


Selanjutnya baca juga :
perbedaan waktu indonesia dan amerika
- perbedaan waktu indonesia dan inggris
- waktu jepang hari ini
- selisih waktu indonesia dengan korea
- perbedaan waktu antar negara di dunia
- waktu di indonesia
- perbedaan waktu indonesia dan jerman
- perbedaan waktu korea dan jepang

Sumber :
https://perbedaanterbaru.blogspot.com/2015/08/perbedaan-waktu-indonesia-dan-jepang.html
https://jelaskanperbedaan.blogspot.com/2016/09/perbedaan-waktu-indonesia-dan-jepang.html

Back To Top