Selain lewat PPC Adsense atau PPC lokalan, blog kita bisa menghasilkan uang melalui program CPM, banner langsung dan juga text link. Apa saja perbedaannya ? Ikuti terus tulisan ini ke manapun perginya.
Jaringan periklanan CPM
CPM berperilaku cukup berbeda dengan PPC. Pada CPM, Anda akan menghasilkan uang dan dibayar sesuai dengan jumlah tayangan (tampilan halaman blog) yang berisi iklan mereka. CPM singkatan dari Cost per Mille dan mengacu pada nilai untuk 1.000 tayangan.
Sebuah blog yang menghasilkan 100.000 tampilan halaman per bulan dan menampilkan sebuah banner iklan CPM dengan nilai $ 1, maka dia akan mendapatkan $ 100 per bulan.
Tapi tarif CPM bervariasi/berbeda tergantung jaringan periklanan, posisi iklan dan format iklan. Semakin baik jaringannya, maka akan semakin tinggi tingkat CPM-nya, karena mereka memiliki akses ke banyak pengiklan. Semakin dekat Anda menempatkan iklan di atas halaman, semakin tinggi nilai CPM-nya. Semakin besar formatnya dalam hal piksel, semakin tinggi nilai CPM-nya.
Anda bisa mendapatkan nilai terendah $ 0,10 dan tertinggi $ 10 per 1.000 penayangan (lebih dalam beberapa kasus khusus). Iklan CPM cenderung bekerja dengan baik di situs web dengan tampilan halaman pengunjung per rasionya cukup tinggi, misalnya web forum online, majalah dan sebagainya.
Daftar jaringan periklanan CPM yang cukup populer :
1. Casale Media
2. Burst Media
3. Value Click
4. Advertising.com
5. Tribal Fusion
6. Right Media
Banner langsung
Menjual ruang iklan di blog Anda sendiri adalah salah satu metode monetisasi yang paling menguntungkan. Hal ini terutama karena memungkinkan Anda untuk memotong komisi perantara dan bisa menentukan harga sendiri. Format banner yang paling populer di web adalah 728 × 90 leaderboard, 120 × 600 skyscraper, 300 × 250 rectangle dan ukuran 125 × 125.
Kelemahan dari iklan banner langsung adalah bahwa Anda harus memiliki audiens yang besar untuk mendapatkan pengiklan yang memenuhi syarat, dan Anda akan perlu menghabiskan waktu mengelola proses penjualan, bongkar pasang banner dan pembayaran.
Text Link
Setelah Google menyatakan bahwa situs yang menjual link teks tanpa tag nofollow akan dihukum, maka metode monetisasi ini menjadi kurang populer.
Banyak pemilik situs masih menggunakan link teks untuk menguangkan situs mereka, meskipun, beberapa menggunakan tag nofollow dan beberapa yang lainnya tidak.
Keuntungan dari metode ini adalah bahwa metode ini tidak mengganggu. Seseorang dapat menjual link teks secara langsung melalui websitenya atau menggunakan jaringan khusus seperti Text-Link-Ads dan Text-Link-Broker untuk mengotomatisasi proses ini.
Beberapa pasar link teks dan jaringannya :
1. DigitalPoint Link Sales Forum
2. Text-Link-Ads
3. Text-Link-Broker
4. TNX
5. LinkWorth
Tag :
Dapat Uang