Kerudung Bunda Maria Terdapat Tulisan Arab


Dalam lukisan Bunda Maria dan Bayi Yesus (The Virgin and The Child) oleh Ugolino di Nerio, yang ditampilkan di Museum Louvre, ternyata kerudung Bunda Maria terdapat tulisan Arab Pseudo Kufic pada kerudungnya. 

Maria adalah ibu Yesus dalam kepercayaan Kristen. Namun dalam kepercayaan Agama Islam, Bunda Maria atau Sitti Maryam adalah ibu dari Nabi Isa. Isa dan Yesus berbeda, karena Yesus dianggap sebagai Tuhan oleh orang Kristen sementara dalam Islam, Nabi Isa adalah utusan Allah atau nabi.

Nabi Isa (as) dilahirkan oleh seorang wanita yang masih perawan atau seorang wanita yang tidak tersentuh oleh seorang pria, yaitu Sitti Maryam atau orang-orang Kristen menyebutnya Bunda Maria atau dalam bahasa lain dikatakansebagai The Virgin.

Museum Louvre, adalah tempat penyimpanan berbagai benda berharga milik Prancis. Di Museum ini, lukisan Monalisa paling populer disimpan. Dan di sini juga lukisan Bunda Maria yang luar biasa yang dimaksud berada.

Kerudung Bunda Maria Terdapat Tulisan Arab

Setelah diselidiki oleh peneliti Arab World Institute, ternyata tulisannya adalah لَا إِلٰهٰ إِلَّا الله "Laa Ilaaha Illallaah" (Tidak ada Tuhan selain Allah). 

Tulisan-tulisan لإِا إِلٰه إِلَّا الله juga membuktikan bahwa Maryam dan Yesus (Isa bin Maryam) mengajarkan لَا إِلٰهَ إِلَّا الله "Bahwa tidak ada tuhan selain Allah" seperti yang sering disebutkan oleh umat Islam sebagaimana tercantum dalam Alquran.

Kalimat Laa Ilaaha Illallah sebenarnya mengandung makna, yaitu penolakan terhadap semua bentuk ibadah selain Allah, dan makna tersebut menetapkan bahwa satu-satunya ibadah yang benar adalah hanya kepada satu Tuhan saja.

Laa Ilaaha Illallaah berarti menyangkal semua bentuk ibadah, menolak semua bentuk ibadah, tidak meminta bantuan dari apa pun, dan tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah SWT, dan menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah.

Setelah melakukan penelitian itu, juga ditemukan banyak tulisan Arab Kufic pada lukisan artefak Katolik lainnya. Misalnya, ada juga tulisan Arab Kufic pada jubah seorang raja Katolik yang saleh, Raja Roger II Sisilia Austria. 

Mengapa demikian? Timur Tengah terkenal dengan sains, seni, dan budayanya. Begitu banyak orang Eropa bepergian ke Timur Tengah dan membeli pakaian, permadani, lukisan, dan sebagainya. Dalam barang-barang yang diperdagangkan, kalimat tauhid itu sering ditulis dan akhirnya disalin oleh orang Eropa.

Sumber :
https://www.konfrontasi.com/content/khazanah/kerudung-bunda-maria-bertuliskan-tulisan-laa-illaha-ilallaah

Back To Top