Pada Renang Gaya Punggung Menggunakan Aksi dari Bagian Tubuh


Ada sebuah pertanyaan, pada renang gaya punggung menggunakan aksi dari bagian tubuh apa. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan baca informasi yang Saya ambil sumbernya dari Wikipedia di bawah ini.

Gaya punggung adalah berenang dengan punggung menghadap permukaan air. Gerakan kaki dan tangan mirip dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh terlentang di permukaan air. Kedua tangan secara bergantian bergerak ke arah pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung di luar air sehingga mudah mengambil atau menghembuskan udara dengan mulut atau hidung.

Teknik gerakan lengan dalam renang gaya punggung dapat dibedakan menjadi tiga yaitu.

Fase menarik
Gerakan menarik dalam renang gaya punggung dilakukan setelah telapak tangan masuk sekitar beberapa inci dari permukaan air untuk mencapai titik maksimum menekuk siku atau telapak tangan berada di luar bahu.

Fase Mendorong
Dorongan pada gaya punggung ini dilakukan di ujung tarikan tangan. Gerakan tangan didorong ke belakang dan juga ke bawah.

Fase Istirahat
Mulai dari tangan keluar dari permukaan air dengan posisi ibu jari keluar dulu. Setelah tangan berada di atas pundak, (posisi lengan tegak lurus dengan posisi pundak), tangan diputar, lalu memasuki permukaan air dengan posisi jari kelingking terlebih dahulu. Dalam proses istirahat ini harus dilakukan dengan santai, selaras dengan lengan yang bergerak dan menarik dan mendorong.

Saat berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat ke atas dan tidak bisa melihat ke depan. Saat bertanding, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Pada Renang Gaya Punggung Menggunakan Aksi dari Bagian Tubuh


Berbeda dari sikap awal perenang gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan pada balok start, gaya renang perenang gaya punggung ketika berlomba dimulai dari kolam renang, perenang menghadapi dinding kolam dengan kedua tangan memegang pegangan besi. Kedua lutut ditekuk di antara lengan, sedangkan telapak kaki bersandar di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dikompetisikan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung adalah gaya renang tertua yang diperebutkan setelah gaya bebas.

Artikel menarik lainnya :
- urutan renang gaya punggung adalah
- bagaimana gerakan lengan pada gaya punggung
- pergerakan lengan renang gaya punggung adalah
- bagaimana teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung
- gerakan istirahat pada renang gaya punggung dilakukan setelah
- sejarah renang gaya punggung
- bentuk gerakan lengan yang benar dibawah permukaan air saat melakukan renang gaya punggung adalah

Tag : Bagian Tubuh
Back To Top