Tata Cara Sholat Tahajud 4 Rakaat


Bagaimana tata cara sholat tahajud 4 rakaat ? Kami akan menyajikan bagaimana prosedur melakukan sholat tahajud yang diambil dari halaman nu.or.id dan halaman tarjih.or.id.

Berdasarkan halaman nu.or.id disebutkan, ulama Syafi'iyah berpendapat bahwa sholat tahajud adalah sunnah bagi umat Islam. Sementara beberapa ulama mengatakan bahwa sholat tahajud adalah wajib bagi Nabi Muhammad SAW secara khusus.

Sholat tahajud ini adalah sholat khusus dan mengandung banyak kebajikan. Para ahli berbeda tentang sholat tahajud. Beberapa ulama mengatakan bahwa sholat tahajud adalah sholat sunah apa pun yang dilakukan di malam hari.

Sementara sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa sholat tahajud adalah sholat sunnah terpisah dengan ketentuan tertentu. Berikut ini adalah lafal niat sholat tahajud.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK‘ATAINI LILLĀHI TA‘ĀLĀ.
“Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT,”

Tata Cara Sholat Tahajud
Waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah setelah sholat isya sampai sebelum waktu shubuh, tetapi yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam. Sholat tahajud boleh dikerjakan secara berjamaah dan boleh juga dilakukan sendirian.

Seperti halnya sholat secara umum, setelah niat sholat tahajud dan mengucapkan takbir, lanjut dengan membaca iftitah dua rakaat. Adapun bacaan iftitah itu bermacam-macam, bisa dibaca iftitah biasa seperti WAJJAHTU WAHIYA dst atau yang pendek seperti bacaan:

سُبْحَانَ اللهِ ذِي الْمَلَكُوْتِ وَالْجَبَرُوْتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

“SUBHAANALLAAHI DZIL-MALAKUUTI WAL-JABARUUTI WAL-KIBRIYAA’I WAL ‘ADZAMAH”. 
“Maha suci Allah, Dzat yang memiliki kerajaan, kekuasaan, kebesaran, dan keagungan.”

Selanjutnya membaca surat al-Fatihah pada tiap rakaat. Kemudian membaca surat pendek atau pun bisa juga tidak, karena hukumnya sunat. Adapun bacaan lainnya seperti; bacaan ruku’, i’tidal, sujud dan lainnya sama seperti sholat biasa.

Sholat ini boleh dilakukan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. Setelah sholat tahajud, sebaiknya diakhiri dengan sholat witir sebelas rakaat, kalau sebelumnya belum melakukan sholat witir. 

Beberapa hadis Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa sholat tahajud bisa dilaksanakan dengan berbagai cara, di antaranya adalah:
- Melaksanakan empat rakaat tahajud, empat rakaat + tiga rakaat witir (4 + 4 + 3 = 11 rakaat). 
- Dua rakaat tahajud, dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + dua rakaat + satu rakaat witir  (2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 1 = 13 rakaat). 

Pada sholat witir, hendaknya membaca surat al-A’la setelah al-Fatihah pada rakaat pertama, surat al-Kafirun pada rakaat kedua, dan al-Ikhlas, Al Falaq, An Naas pada rakaat yang ketiga. 

Setelah salam sholat witir, sambil duduk membaca:

(3x) سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

“SUBHANAL-MALIKIL-QUDDUUS.” 
 “Maha Suci (Allah), Dzat Yang Maha Kuasa dan Yang Maha Suci.”

dengan mengeraskan dan memanjangkan pada bacaan yang ketiga, lalu membaca:

 رَبِّ الْمَلائِكَةِ وَالرُّوحِ

“RABBIL-MALAAIKATI WAR-RUUH”
“Yang Menguasai para malaikat dan ruh.”

Adapun do’a setelah sholat tahajud banyak versinya. Silahkan dipilih salah satunya atau mau dibaca seluruhnya juga tak apa-apa.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا

 “Ya Allah, berikanlah di dalam hatiku cahaya, di dalam penglihatanku cahaya, di dalam pendengaranku cahaya. Dan (berikanlah) cahaya dari sebelah kananku, cahaya dari sebelah kiriku, cahaya dari atasku, cahaya di bawahku, cahaya di depanku, cahaya di belakangku, dan berikanlah cahaya pada seluruh tubuhku.”

Bisa juga dengan yang ini :

اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

 “Ya Allah, aku berlindung dengan ridha-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari siksa-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari (siksa)-Mu. Aku tidak dapat lagi menghitung pujian yang ditujukan kepada-Mu. Engkau adalah sebagaimana pujian-Mu terhadap diri-Mu sendiri.”

Atau yang biasa dibaca :

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ.

 “Ya Allah, hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau cahaya (penerang) langit dan bumi. Hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau Penegak langit dan bumi. Hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau Yang Mengatur langit dan bumi beserta isinya. Engkau adalah Dzat yang haq. Janji-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Perjumpaan dengan-Mu adalah benar. Surga adalah nyata. Neraka adalah nyata. Para nabi adalah benar. Hari kiamat adalah nyata. Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berserah diri. Hanya kepada-Mu aku beriman. Hanya kepada-Mu aku bertawakal. Hanya kepada-Mu aku kembali. Hanya atas pertolongan-Mu aku berjuang. Hanya kepada-Mu aku mohon keadilan. Maka ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, yang aku lakukan secara sembunyi-sembunyi dan yang terang-terangan. Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Doa-doa tersebut bisa dibaca ketika sujud, setelah membaca shalawat pada tasyahud akhir, atau ketika selesai sholat tahajud. Silahkan pilih mana yang nyaman buat Anda.

Artikel menarik lainnya :
- tata cara sholat tahajud dan bacaannya
- tata cara sholat tahajud dan keistimewaannya
- sholat tahajud berapa rakaat
- waktu sholat tahajud
- doa sholat tahajud dan dzikir
- tata cara sholat tahajud yg benar dan mustajab
- tata cara sholat tahajud lengkap dengan bacaan latin
- bolehkah shalat tahajud 2 rakaat

Back To Top