Uang Kuno Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Pasti Anda penasaran uang kuno Indonesia apa yang paling dicari kolektor ? Jika Anda pemula dan ingin berbisnis uang kuno, maka pengetahuan tentang uang kuno Indonesia yang paling diburu saat ini merupakan kewajiban Anda, sehingga Anda bisa meraup keuntungan dari bisnis uang kuno ini.

Ada beberapa uang kertas dan uang logam kuno yang dicari, khususnya oleh kolektor uang kuno Indonesia sendiri. Apa-apa saja uang kuno tersebut ?

Uang kuno serie hewan  
Seri hewan merupakan seri paling menarik, paling dicari kolektor dan memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibanding seri-seri lainnya.  Beberapa pecahan yaitu 10 dan 25 rupiah memiliki harga yang fantastis dan sangat sukar didapatkan. Semua pecahan seri hewan tidak memiliki tahun penerbitan, tetapi walaupun demikian seri ini memiliki gambar dan warna yang sangat menarik dan bersifat universal. Setiap orang di seluruh dunia pasti mengetahui nama-nama hewan yang tercetak di seri ini, sehingga tidak heran menjadi incaran para kolektor mancanegara juga. Beberapa uang kuno seri hewan yang Saya maksud adalah uang kuno dengan pecahan :
5 rupiah, bergambar orang utan dan Candi Prambanan.


Uang Kuno Indonesia Serie 5 Rupiah Yang Paling Dicari Kolektor


10 rupiah, bergambar rusa dan perahu kora-kora


Uang Kuno Indonesia Serie 10 Rupiah Yang Paling Dicari Kolektor


25 rupiah, bergambar badak
50 rupiah, bergambar buaya dan Mesjid Raya Deli
100 rupiah, bergambar tupai
500 rupiah, bergambar macan
1000 rupiah, bergambar gajah
2500 rupiah, bergambar komodo
Dari pecahan seri hewan di atas, yang paling sulit dicari dan paling mahal harganya adalah pecahan 5 dan 10 rupiah.

Uang kuno Seri Presiden Soekarno
Merupakan salah satu jenis uang kuno yang paling dicari kolektor di Indonesia, karena bergambar presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Proklamator Ir. Soekarno. Uang kuno ini merupakan uang yang sangat diminati oleh para kolektor mancanegara, mungkin karena kharisma bapak Proklamator kita atau mungkin juga karena memiliki corak penari yang menarik.   Seri ini terdiri dari pecahan
1 rupiah (UNC)
2 1/2 rupiah (XF)
5 rupiah (UNC)
10 rupiah (aUNC)
25 rupiah TDL (XF++)
50 rupiah (XF+)
100 rupiah (VF++)
500 rupiah variasi TDL 2 huruf yang sangat langka (VF)
1000 rupiah (XF++)
Pecahan 5, 10 dan 100 rupiah hanya dicetak oleh Pertjetakan Kebajoran sehingga tidak memiliki variasi nomor seri, hanya variasi watermark.

Nah, bagi para kolektor, selamat berburu uang kuno Indonesia, semoga usaha Anda berkah dan jaya. Oh ya, untuk uang logam kuno yang paling banyak dicari kolektor, nanti Saya posting pada artikel selanjutnya. Baca juga : Uang koin kuno termahal di Indonesia.


Tag : Uang Kuno
Back To Top