Afiliasi Indonesia Terpercaya


Sebelum membahas tentang semua jenis afiliasi Indonesia yang terpercaya, Saya akan mencoba membahas sedikit tentang pengertian affiliate itu sendiri dan latar belakang kemunculan sistem affiliasi dalam bisnis online ini. 

Menurut sejarah, masih membingungkan siapa yang pertama menggunakan atau menerapkan sistem program afiliasi ini. Tapi setidaknya ada beberapa pendapat dari periset afiliasi yang menyatakan bahwa Amazon-lah yang pertama menggunakan sistem ini untuk meningkatkan penjualan online-nya pada tahun 1996. 

Untuk meningkatkan omset bisnis, perlu adanya leverage atau faktor kali yang membantu meningkatkan bisnis secara progresif. Tanpa terkecuali, pemilik produk digital juga butuh faktor kali itu untuk membangun sistem pemasaran afiliasi dalam rangka memasarkan produknya. Sistem ini sama dengan konsep Amazon, jika ada yang mengklik dan membeli produk melalui link pemilik website, maka pemilik website tersebut berhak mendapat komisi.

Affiliate Indonesia terpercaya

Di Indonesia sendiri banyak penyedia program afiliasi untuk meningkatkan penghasilan Anda tentunya. Saya akan menjelaskan beberapa program afiliasi Indonesia yang telah terbukti membayar dan berbagi review dari teman-teman lainnya.

Ratakan
Afiliasi Indonesia ini adalah salah satu pasar produk digital terbesar di Indonesia yang menyediakan sistem afiliasi bagi anggotanya dan berdiri pada tahun 2014 dengan sistem yang sangat profesional dan terpercaya. Bagi Saya, Ratakan ini setara dengan pasar luar negeri seperti Clickbank dan Jvzoo. Untuk komisi yang diperoleh bagi pemasarnya berkisar antara 25% - 75% tergantung pada kebijakan pemilik produk untuk dalam memberi komisi, namun sebagian besar produk menerapkan sistem komisi 50%.

Produk di dalam Ratakan sangat lengkap, hampir semua niche mulai dari e-course untuk menghasilkan uang secara online, software atau aplikasi, tips diet, hubungan pasutri, hipnotis, template, banner, power point untuk tesis, dan sebagainya. Jadi, jika Anda memasarkan produk afiliasi dengan menggunakan website, sangat cocok untuk memilih produk niche apakah menggunakan banner atau dengan artikel ulasan.

Untuk menjadi pemasar di Ratakan, sebelumnya Anda harus terlebih dahulu membaca syarat dan ketentuan untuk menjadi affiliate di Ratakan, seperti saat pencairan dilakukan, jumlah minimum pembayaran dan beberapa FAQ terkait. 

Program afiliasi Lazada
Kemudian affiliasi Indonesia lainnya adalah Lazada. Saya menganggap bahwa Lazada adalah Amazon-nya Indonesia. Tidak berlebihan saya sebutkan begitu, karena dengan berbagai pilihan fitur, bisa memanjakan para affiliate untuk memasarkan produknya. Lazada ini termasuk kategori mall. Disebut mall karena menjual produk elektronik, HP, laptop, fashion, kebutuhan rumah, kebutuhan bayi, kamera, kosmetik, peralatan olah raga, tas, makanan, minuman dan sebagainya.

Komisi yang ditawarkan dari masing-masing itemnya berbeda-beda. Itu sebabnya kita harus pintar memilih bahan atau produk mana yang benar-benar laris manis. Namun kita bisa leluasa memilih produk yang sesuai. Jika Anda mengejar komisi dengan bayaran besar, maka Anda harus mencari juga produk yang harganya cukup mahal seperti HP, komputer, dan lain-lain.

Afiliasi Yubi
Afiliasi lain adalah Yubi (yukbisnis), sebuah jaringan affiliasi yang juga besar dan sangat terkenal di antara internet marketer. Dengan aneka jenis produk yang ditawarkan, maka Yubi ini dapat menjadi pilihan untuk para afiliasi yang mau memasarkan produk dari Yubi tersebut dengan komisi 5-50% dari harga jual. Rata-rata disini Anda harus menawarkan produk fisik. Untuk menjadi affliate Yubi tidak mudah karena dibagi menjadi 3 kelas berdasarkan beberapa kriteria. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi affiliate.yukbisnis.com.

Idaff
Platform yang tak kalah memanjakan affiliatenya yaitu Idaff. Jika Anda sudah menguasai sumber traffic mulai dari SEO, FBads, IGads, dan lainnya, maka Saya yakin Anda bisa mendapatkan puluhan juta per bulan. 

Bagi pemasar afiliasi, yang paling penting adalah pengetahuan tentang produk yang dipasarkan. Di Indonesia berbeda dengan di luaran sana, dimana pembeli lebih nyaman dengan terlebih dahulu bertanya sebelum membeli. Nah, jika Anda sebagai affiliate marketer tidak bisa menjawab, sulit untuk mendapatkan transaksi. 

Anda bisa membuat strategi dengan membaca review tentang siapa yang telah berhasil menjual produk tertentu. Tapi lebih mudah lagi dengan mengarahkan konsumen untuk bertanya langsung kepada pemilik produk. Tugas inti seorang afiliasi adalah mengarahkan prospek ke situs pemilik produk, namun untuk tambahan, pastikan melakukan tinjauan terhadap produk. Jadi marketer afiliasi yang andal adalah yang mampu memasarkan produk apapun dengan syarat yang disebutkan di atas.

Kaos Dakwah Islami
Program afiliasi yang menjual kaos dakwah Islami dengan produk unik dan murah sehingga Anda dapat dengan mudah menjualnya secara offline dan online.

Affiliate Blibli
Mungkin Blibli sedang memperbaiki pelayannya sehingga mereka memberikan komisi yang cukup tinggi kepada setiap orang yang menjajakan barang dari Blibli. Untuk cookienya berdurasi cukup lama yaitu  30 hari. Ini berarti setiap orang yang mengklik iklan Anda, maka selama 30 hari itu data Anda sebagai pemberi informasi melalui blog atau situs web tetap aktif.

Mereka menyediakan beberapa hal yang sangat penting untuk kita gunakan. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan melalui link kita. Sebut saja e-book gratis. Dengan adanya e-book, maka kita dengan mudah mempelajari sistem yang diterapkan oleh Blibli, sehingga keuntungan kita bisa diraih.

Bhinneka
Bhineka adalah perusahaan pertama yang membuat portal online yang khusus menjual perlengkapan komputer dan laptop. Mereka sangat andal dalam hal penjualan peralatan komputer dan laptop. Komisi yang mereka tawarkan juga beragam, tapi bisa sampai 5%. Ini tentu sangat menggoda jika kita serius. Mengapa ? Karena harga komputer tidak ada yang di bawah 2 juta rupiah. Coba Anda hitung berapa komisi dari harga komputer atau laptop yang berharga Rp 5 juta. Dengan komisi 5% saja, maka Anda sudah mendapatkan uang dari penjualan produk sebesar Rp 250 ribu.

Beberapa program affiliasi lainnya yang bisa Anda cek langsung ke websitenya antara lain :
- MatahariMall.com
- Elevania.co.id
- Winmarket.id
- Niagahoster.co.id
- Klikhost.com
- Cafebisnis.com
- Zalora.co.id
- Store.co.id
- Tiket.com
- Pegipegi.com
- Booking.com
- Belajarbisnisinternet.com
- Bebasbayar.com

Untuk mulai menjadi affiliate marketer, Anda harus mendaftar ke alamat website di atas. Biasanya satu hari Anda akan segera mendapat email reply dan beberapa website juga terkadang memakan waktu hingga 3 hari untuk memberi balasan.

Selanjutnya mulailah berpromosi dengan link dan banner yang telah disediakan agar kita bisa promosikan di website kita, blog atau media sosial atau toko online. Lalu kita harus mengamati dan menganalisa hasil kampanye kita dengan melihat dashboard yang disediakan affiliate merchant.

Tahap yang sulit bukanlah waktu registrasi dan pemasangan link atau spanduk tapi untuk mendapatkan pembeli pertama dan mengumpulkan uang komisi sampai bisa dicairkan.

Tapi untunglah potensi persaingan antar affiliate marketer di Indonesia tidak terlalu ketat, sebab dari data google trens dengan kata kunci program afiliasi, kata kunci indonesia tidak masuk dalam 10 besar. Lima besar adalah China, Nigeria, Malaysia, Israel dan Singapura.

Untuk mendapatkan pembeli pertama dan bisa cairkan komisi uang setiap bulannya, membutuhkan pengetahuan. Itu sebabnya Ssaya menulis blog ini karena saya ingin kita belajar bersama dan berbagi ilmu tentang dunia affiliate lokal terlebih dahulu. Anda bisa belajar secara gratis dari google sedikit demi sedikit meski tidak mendalam dan tidak lengkap. Bagi yang punya uang, silahkan ikut kursus online atau beli tutorial ebook dan video.

Itulah beberapa affiliate terbaik di dunia Indonesia yang bisa dijadikan bisnis tanpa modal banyak buat Anda dengan promo gratis lewat facebook misalnya maupun media sosial lainnya. Silahkan ikuti sesui dengan passion masing-masing. Jika Anda suka properti, pilih program afiliasi properti. Jika Anda suka buku, pilih program afiliasi dari toko buku Gramedia. Jika Anda suka toko online, pilih program affiliate Bukalapak misalnya. (Sumber : Bisnis Rumahan Pemula, Affiliate Program 1001, Marketing joss)

Back To Top