Hal Yang Mesti Diperhatikan Pada Tulisan dan Tampilan Blog Anda


Saya menerima beberapa email dan pertanyaan dari Google + yang intinya meminta nasihat tentang bagaimana caranya untuk memulai sebuah blog, memilih topik blog, bagaimana blog bekerja dan bagaimana membuat konten yang bermakna.

Ini adalah beberapa jawaban Saya dan ditambah beberapa pengalaman rekan-rekan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia perblogingan.


Hal Yang Mesti Diperhatikan Pada Tulisan dan Tampilan Blog Anda


Temukan niche Anda
Apa yang Anda sukai saat ini, itulah bahan niche Anda. Apakah Anda menyukai olahraga lari, memasak, menjadi orang tua baik ? Itulah yang dinamakan passion/gairah. Jika Anda memiliki niche atau passion dalam tema yang Anda sukai, insya Allah Anda tak akan kehabisan bahan untuk menulis.

Tentukan pembaca ideal Anda
Setelah Anda menemukan niche Anda, Anda perlu tahu siapa yang akan membaca tulisan Anda. Sebagai contoh, Saya menulis tentang cara blogging dan monitisasi blog, maka pembaca ideal blog ini adalah orang-orang yang tertarik untuk menghasilkan uang lewat blogging, sehingga apabila kedepannya Saya punya produk, misalnya buku berisi pengalaman Saya mendapatkan uang dari blogging, maka Saya akan lebih mudah menjualnya, karena para pembaca Saya adalah orang-orang yang punya passion yang sama.

Bernilai tambah
Konten Anda harus punya nilai tambah bagi kehidupan pembaca. Ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengunjung yang banyak ke situs Anda dan membuat mereka datang kembali mengunjungi situs Anda. Contohnya gini, jika blogger lain ngasih solusi suatu masalah hanya lewat artikel dan komentar saja, maka yang mengetahui nilai tambah, akan memberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih dalem misalnya via email, telepon bahkan kopdar secara gratis.

Konten asli
Ya, ada jutaan blog lain di luar sana yang mempunyai tema  yang sama. Jika Anda ingin menulis tentang A, maka tulisan Anda harus berbeda. Andalah yang membuat blog Anda harus berbeda dengan blog lain, baik tentang perspektif Anda, kreativitas Anda dan nilai tambah yang Anda berikan. Jangan main copas-copasan, itu sama saja dengan mencoreng merah muka Anda.

Menarik
Anda harus berfikir keras, bagaimana caranya agar artikel bisa menarik dan disukai pembaca. Karena jika artikel Anda menarik, banyak pembaca yang akan semangat untuk berbagi artikel Anda dengan orang lain.

Jadilah diri sendiri
Sala satu bagian yang membuat menarik adalah menceritakan kisah atau pengalaman Anda. Setiap orang adalah unik dan cerita tentang Anda adalah salah satu hal yang menarik dan unik. Jangan coba-coba merekayasa jalan cerita kita seolah-olah kita adalah blogger sesukses Anne Ahira, misalnya. Ceritalah apa adanya, menulis dengan gaya sendiri, bahasa kita sendiri dan ciri khas sendiri. Anda mungkin pernah mengenal sosok Lutvi Affandi. Dia lebih cenderung diasosiasikan dengan Cafebisnisnya atau panduan wodpressnya atau Anne Ahira dengan Internet marketingnya atau Agad Khalid dengan Penggila facebooknya dan sebagainya.

Jujur
Blog Anda adalah pengejawantahan yang Anda tulis. Orang bisa menilai lewat tulisan melalui blog Anda. Jika tulisan Anda nyata sesuai dengan real-nya Anda, berarti kejujuran bagi Anda adalah hal yang utama. Tapi jika tulisan Anda penuh dengan ketidakrealan, maka bersiap untuk segera ditinggalkan para pembaca Anda.

Waktu
Setelah Anda belajar bagaimana untuk memulai sebuah blog, Anda akan tahu bahwa blogging membutuhkan banyak waktu. Mencari ide, mengunpulkan bahan, menulis, pengecekan, promosi di jejaring sosial, semuanya itu memerlukan waktu yang cukup banyak dan disiplin keras.

Visi
Disamping kita memiliki tema unik yang paling penting, kita memiliki visi ke depan lewat blog yang kita buat. Setelah kita memiliki visi, langkah selanjutnya adalah bekerja keras untuk membuat visi itu menjadi kenyataan.

Kita dan Anda
Menggunakan kata "Kita, Kami, Saya" ketika sedang melibatkan pembaca akan lebih baik daripada kata "Anda", walau tidak selamanya jelek. Kondisonal sajalah.

Waktu posting
Kapan waktu terbaik untuk menulis di blog ? Ini tidak terlalu penting. Yang penting kita menulis secara konsisten dan teratur sehingga pembaca akan selalu mendapatkan artikel yang lebih segar.

Media sosial
Kami sarankan untuk menggunakan Google Plus, Twitter dan Facebook untuk membantu menghubungkan dengan pembaca dan blogger lain, tapi jangan terlalu terjebak di dalamnya. Fokus pada tulisan lalu  promo lewat  media sosial setelahnya.

Abaikan kritik yang tidak membangun
Tentu, kita akan mendapatkan banyak komentar negatif dan pertanyaan-pertanyaan bodoh dari orang-orang bodoh yang tidak benar-benar sebagai pembaca alias spammer. Jangan dipikirkan, hapus saja koment semacam itu karena nggak mutu.

Riset 
Luangkan waktu Anda meneliti apa yang Anda tulis, tentunya biar akurat dan bukan pembohongan publik. Jika perlu, simpan juga link yang terkait yang menjadi referensi dari situs Anda.

Simpel
Situs harus kelihatan simpel, template ringan dan tidak perlu memasang widget yang tidak perlu. Kalau mau pasang iklan, cukup 3 space saja seperti yang disarankan Google.

Foto diri
Memasang foto diri di blog Anda adalah sama dengan bersikap jujur dengan identitas Anda.

Komentar
Anda bisa memasang atau menyembunyikan komentar, tergantung jenis blog Anda. Saya sendiri lebih sering menonaktifkan komentar di blog Saya dan lebih suka berkomunikasi di Google Plus.



Tag : Blogging
Back To Top